RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : MI Miftahul Huda
Kelas / semester : VI / I
Materi :
Binatang halal dan haram
Alokasi waktu : (2x35 menit)
A.
Kompetensi Inti
KI.1 Menerima, menjalankan,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI.3 Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptahan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpai di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI.4 Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan perilaku
anak yang beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
1.3
Menerima ketentuan binatang halal/haram.
2.3
Membiasakan mengkonsumsi daging binatang halal/haram.
3.3
Mengidentifikasi binatang yang halal dan haram
dikonsumsi.
4.3
Menyajikan klasifikasi binatang halal dan haram.
C.
Indikator
1.3.1 Melaksanakan mengkonsumsi daging
binatang yang halal.
2.3.1 Membiasakan
mengkonsumsi binatang-binatang halal.
2.3.2 Membiasakan menghindari mengkonsumsi
binatang-binatang yang haram.
3.3.1 Menjelaskan ciri-ciri binatang halal dan
binatang haram.
3.3.2 Mengklasifikasikan binatang-binatang
yang termasuk dalam kategori halal/haram.
4.3.1 Menyusun
bagan/peta konsep tentang binatang-binatang yang halal dan haram untuk
dikonsumsi.
D.
Materi Pembelajaran
Binatang halal dan haram.
E.
Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
·
Pendekatan : Sientific
·
Strategi :
Information Search (Mencari Informasi)
·
Metode : ceramah,
permainan, diskusi, penugasan.
F.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk kelas dan mengucapkan salam.
·
Guru membimbing siswa untuk berdoa bersama.
·
Guru mengabsen
dan menanyakan kabar siswa.
·
Guru melakukan apersepi untuk menggiring siswa agar
terfokus pada materi yang akan di pelajari. (jika guru berkata sapi, maka
siswa harus menirukan suara ayam, dan jika guru berkata ayam maka siswa harus
menirukan suara anjing, dan jika guru berkata anjing maka siswa harus
menirukan suara sapi).
·
Guru menyampaikan konsep materi yang akan dipelajari.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
5 menit
|
Inti
|
§ Siswa
mengamati teks bacaan tentang binatang halal/haram. (mengamati)
§ Siswa
menanyakan materi yang belum difahami dari mengamati teks bacaan. (menanya)
§ Siswa membentuk
5 kelompok.
§ Masing-masing
kelompok menyebutkan binatang yang mereka sukai dan guru menuliskannya di
papan tulis.
§ Siswa mengklasifikasikan hewan-hewan yang
dituliskan oleh guru kedalam kategori halal/haram. (mencoba)
§ Siswa
menuliskan alasan binatang-binatang tersebut masuk sesuai klasifikasinya. (menalar)
§ Siswa dan
guru bermain “hembusan angin kencang”.
§ Jika guru
berkata “angin kencang berhembus pada siswa kelas VI” maka semua siswa harus
berebut kursi. Tetapi disini guru akan menduduki 1 kursi sehingga akan ada 1
siswa yang tidak mendapatkan kursi.
§ Siswa yang
tidak mendapatkan kursi akan mempresentasikan hasil kerjanya bersama dengan
anggota kelompoknya. (mengkomunikasikan)
§ Guru
memberikan penguatan materi.
§ Masing-masing
kelompok tadi akan diberi pekerjaan rumah membuat bagan/peta konsep
binatang-binatang yang halal/haram. (mencoba)
§ Dipertemuan
selanjutnya, bagan tersebut akan ditempelkan di dinding kelas.
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Guru mengevaluasi hasil belajar siswa.
·
Guru memberikan pujian terhadap kegiatan yang telah
dilakukan siswa.
·
Guru menutup proses pembelajaran dengan membaca doa
bersama.
·
Guru mengahiri proses pembelajaran dengan mengucapkan
salam.
|
5 menit
|
G.
Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber :
Buku paket Fiqih MI kurikulum 2013 kelas VI
Media :
Gambar
Alat :
kertas karton, spidol, selotip , pos it.
H.
Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Bentuk Penilaian
a) Penilaian Sikap
(beri tanda
pada kolom)
Nama Siswa :
Kelas :
Nama Wali :
|
|||||||
Hari
|
Kegiatan
|
||||||
Mengkonsumsi daging binatang halal saat sarapan pagi
|
Mengkonsumsi daging binatang halal saat makan siang
|
Mengkonsumsi daging binatang halal saat makan malam
|
Tanda Tangan Wali Murid
|
||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
Senin
|
|
|
|
|
|
|
|
Selasa
|
|
|
|
|
|
|
|
Rabu
|
|
|
|
|
|
|
|
kamis
|
|
|
|
|
|
|
|
Jum’at
|
|
|
|
|
|
|
|
Sabtu
|
|
|
|
|
|
|
|
Minggu
|
|
|
|
|
|
|
|
b) Penilaian Pengetahuan (mengklasifikasikan
hewan yang disukai beserta memberikan alasan hewan tersebut masuk kategori
halal/haram)
(beri tanda
pada kolom)
Nama Siswa
|
Pengklasifikasian
|
Alasan
|
Penyusunan
kalimat
|
Penggunaan Kosakata
|
|||||||
Sesuai
(A)
|
Tidak sesuai
(B)
|
Tepat
(A)
|
Kurang Tepat
(B)
|
Tidak Tepat
(C)
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ø Kriteria pengklasifikasian :
Sesuai =
Jika pengklasifikasian hewannya sesuai halal dan haramnya.
Tidak Sesuai =
Jika pengklasifikasian hewannya tidak sesuai halal haramnya.
Ø Kriteria alasan
:
Tepat =
Jika alasannya sesuai dengan ketentuan.
Kurang Tepat =
Jika alasannya kurang sesuai dengan ketentuan.
Tidak Tepat =
Jika alasannya tidak sesuai dengan ketentuan.
Ø Kriteria
penyusunan kalimat :
A = Penyusunan kalimatnya sangat benar dan
sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia.
B = Penyusunan kalimatnya hampir benar tetapi
kurang sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia.
C = Penyusunan kalimatnya tidak benar dan
tidak sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia.
Ø Kriteria
penggunaan kosa kata :
A = kosa kata sederhana
dan mudah difahami.
B = kosa kata
berbelit-belit tetapi mudah difahami.
C = Kosa kata berbelit
belit dan tidak bisa difahami.
Keterangan Skor :
A = 85 - 100
B = 70 - 84
C =
70
c)
Penilaian Keterampilan
a)
Rubrik hasil karya siswa (peta konsep)
(beri tanda
sesuai dengan hasil karya siswa)
Nama Siswa
|
Kriteria Penilaian
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Nilai :
A : Jika bagannya menarik dan hewan yang
dituliskan sesuai halal haramnya.
B : Jika bagan kurang menarik dan hewan yang
dituliskan sesuai halal haramnya.
C : Jika bagan kurang menarik dan hewan kurang
sesuai halal haramnya.
D : Jika bagan tidak menarik dan hewan tidak
sesuai halal haramnya.
Keterangan Skor :
A = 90 - 100
B = 76 - 89
C = 60 – 75
D =
60
PENSKORAN
Jumlah nilai yang
diperoleh x100
Skor
Maksimal
Surabaya, 28 September 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel FIQIH
............................. Dewi
Niswatul Fithriyah
NIP. NIM.
D07213007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar