Rabu, 16 Desember 2015

RPP IPA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan                : MI Negeri Bersatu
Kelas / semester                     : IV (empat)  /  I
Tema                                      : Alat Indera Manusia (kulit)
Alokasi waktu                        : 1x35 menit

A.      Standart Kompetensi
1.    Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya serta pemeliharaannya.

B.     Kompetensi Dasar
1.1  Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya.

C.      Indikator
1.1.1   siswa mampu memberi nama pada masing-masing bagian kulit.
1.1.2   Siswa mampu menyebutkan kegunaan atau fungsi alat indera peraba (kulit).

D.      Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan berbagai media dan strategi yang digunakan, siswa dapat memberi nama pada masing-masing bagian kulit.
2.    Dengan berbagai media dan strategi yang digunakan, siswa dapat menjelaskan kegunaan atau fungsi alat indera manusia yaitu alat indera peraba (kulit).

E.       Materi Pembelajaran
Alat indera peraba (kulit)

F.       Metode
Ceramah, diskusi, penugasan

G.      Sumber dan Media
Sumber     : Buku paket ilmu pengetahuan alam kelas 4
Media       : gambar, es batu, air hangat.

H.  Kegiatan pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk kelas dan mengucapkan salam.
·         Guru membimbing siswa untuk berdoa bersama.
·         Guru menyapa  dan menanyakan kabar siswa.
·         Guru  melakukan apersepi untuk menggiring siswa agar terfokus pada materi yang akan di pelajari. (guru memerintahkan siswa untuk saling berpasangan, dan masing-masing pasangan diperintahkan untuk saling memukulkan telapak tangannya dengan pasangannya)
·         Guru menuliskan konsep materi yang akan dipelajari.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

7 menit
Inti
Eksplorasi
·         Guru memberi penjelasan tentang alat indera peraba (kulit) dengan media gambar.
·         Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok yang setiap kelompok beranggotakan 6 orang.
·         Masing-masing kelompok diperintahkan untuk memegang sebuah es yang telah disediakan oleh guru dan juga memegang air yang hangat.
Elaborasi
·         Masing-masing kelompok menuliskan apa yang dirasakan dan perbedaannya ketika memegang es dan air hangat yang telah disediakan oleh guru.
·         Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
·         Guru memberi tugas dengan membagikan gambar kulit kepada masing-masing siswa untuk menamai bagian-bagian kulit yang terdapat pada gambar.
Konfirmasi
·         Guru menyimpulkan materi yang telah di pelajari bersama.
·         Guru mengevaluasi hasil belajar siswa dengan  memandu siswa untuk menyebutkan fungsi atau kegunaan indera peraba (kulit).
20 menit
Penutup
·         Guru memberikan pujian terhadap kegiatan yang telah dilakukan siswa.
·         Guru memberikan tugas kepada siswa pada pertemuan selanjutnya agar melakukan percobaan di rumah untuk memegang sesuatu yang kasar kemudian menuliskan alasannya mengapa mereka dapat merasakan bahwa itu sesuatu yang kasar.
·         Guru menutup proses pembelajaran dengan membaca doa bersama.
·         Guru mengahiri proses pemebelajaran dengan mengucapkan salam.
8 menit


I.     Penilaian

Format penilaian
No.
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
siswa mampu memberi nama pada masing-masing bagian kulit.

Tes
Tes Tulis (jawaban singkat)
Menjawab soal (jawaban singkat)
2.
Siswa mampu menyebutkan kegunaan atau fungsi alat indera peraba (kulit).
Tes
Tes Lisan
Sebutkan fungsi kulit bagi tubuh kita !



Format penilaian tes tulis
No.
Nama Siswa
Kesesuaian jawaban dengan gambar
Jumlah Skor
Nilai


4
3
2
1


1.
2.
3.
4.








Keterangan Skor :
4 = Sangat baik
3 = Baik
2 = Cukup baik
1 = Kurang baik
Nilai
Skor yang diperoleh  x 100
Skor maksimal


Format penilaian tes lisan
No
Nama Siswa
Kesesuaian jawaban dengan materi
Jumlah Skor
Nilai
4
3
2
1

























Keterangan Skor
4 = Sangat Baik
3 = Baik
2 = Cukup Baik
1 = Kurang Baik

Nilai
Skor yang diperoleh  x 100
Skor maksimal




Surabaya, 14 April 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                     Guru Mapel IPA


.............................                                                                   Dewi Niswatul Fithriyah
NIP                                                                                                     D07213007














LAMPIRAN

                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar