RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan :
MI Negeri Bersatu
Kelas
/ semester : IV (empat) / I
Tema : Alat Indera Manusia (kulit)
Alokasi
waktu :
1x35 menit
A. Standart Kompetensi
1.
Memahami hubungan antara
struktur organ tubuh manusia dengan
fungsinya serta pemeliharaannya.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1
Mendeskripsikan hubungan
antara struktur panca indera
dengan fungsinya.
C.
Indikator
1.1.1 siswa mampu memberi nama pada
masing-masing bagian kulit.
1.1.2 Siswa mampu menyebutkan kegunaan atau fungsi alat indera peraba (kulit).
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan berbagai media dan strategi yang digunakan, siswa dapat memberi nama
pada masing-masing bagian kulit.
2.
Dengan berbagai media dan strategi yang digunakan, siswa dapat menjelaskan
kegunaan atau fungsi alat indera manusia yaitu alat indera peraba (kulit).
E.
Materi Pembelajaran
Alat
indera peraba (kulit)
F.
Metode
Ceramah,
diskusi, penugasan
G.
Sumber dan Media
Sumber : Buku paket ilmu pengetahuan alam kelas 4
Media : gambar, es batu, air hangat.
H.
Kegiatan pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk kelas dan mengucapkan salam.
·
Guru membimbing siswa untuk berdoa bersama.
·
Guru menyapa dan menanyakan kabar
siswa.
·
Guru melakukan apersepi untuk
menggiring siswa agar terfokus pada materi yang akan di pelajari. (guru
memerintahkan siswa untuk saling berpasangan, dan masing-masing pasangan
diperintahkan untuk saling memukulkan telapak tangannya dengan pasangannya)
·
Guru menuliskan konsep materi yang akan dipelajari.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
7 menit
|
Inti
|
Eksplorasi
·
Guru memberi penjelasan tentang alat indera peraba (kulit) dengan media
gambar.
·
Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok yang setiap kelompok
beranggotakan 6 orang.
·
Masing-masing kelompok diperintahkan untuk memegang sebuah es yang telah
disediakan oleh guru dan juga memegang air yang hangat.
Elaborasi
·
Masing-masing kelompok menuliskan apa yang dirasakan dan perbedaannya
ketika memegang es dan air hangat yang telah disediakan oleh guru.
·
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
·
Guru memberi tugas dengan membagikan gambar kulit kepada masing-masing
siswa untuk menamai bagian-bagian kulit yang terdapat pada gambar.
Konfirmasi
·
Guru menyimpulkan materi yang telah di pelajari bersama.
·
Guru mengevaluasi hasil belajar siswa dengan memandu siswa untuk menyebutkan fungsi atau
kegunaan indera peraba (kulit).
|
20 menit
|
Penutup
|
·
Guru memberikan pujian terhadap kegiatan yang telah dilakukan siswa.
·
Guru memberikan tugas kepada siswa pada pertemuan selanjutnya agar
melakukan percobaan di rumah untuk memegang sesuatu yang kasar kemudian
menuliskan alasannya mengapa mereka dapat merasakan bahwa itu sesuatu yang kasar.
·
Guru menutup proses pembelajaran dengan membaca doa bersama.
·
Guru mengahiri proses pemebelajaran dengan mengucapkan salam.
|
8 menit
|
I.
Penilaian
Format penilaian
No.
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1.
|
siswa mampu memberi nama pada
masing-masing bagian kulit.
|
Tes
|
Tes Tulis (jawaban singkat)
|
Menjawab soal (jawaban singkat)
|
2.
|
Siswa mampu menyebutkan
kegunaan atau fungsi alat indera peraba (kulit).
|
Tes
|
Tes Lisan
|
Sebutkan fungsi kulit bagi tubuh kita !
|
Format penilaian tes tulis
No.
|
Nama Siswa
|
Kesesuaian jawaban dengan gambar
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|
1.
2.
3.
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor :
4 = Sangat baik
3 = Baik
2 = Cukup baik
1 = Kurang baik
Nilai
Skor yang diperoleh x 100
Skor maksimal
Format penilaian tes lisan
No
|
Nama Siswa
|
Kesesuaian jawaban dengan materi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor
4 = Sangat Baik
3 = Baik
2 = Cukup Baik
1 = Kurang Baik
Nilai
Skor yang diperoleh x 100
Skor maksimal
Surabaya, 14 April 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPA
............................. Dewi
Niswatul Fithriyah
NIP D07213007
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar