Rabu, 16 Desember 2015

RPP SKI Kelas IV



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan                : MI Islamiyah
Kelas / semester                     : IV (empat)  /  II
Mata Pelajaran                      : Sejarah Kebudayaan Islam
Alokasi waktu                        : 2x25 menit (1x pertemuan)

A.      Standart Kompetensi
1.    Memahami hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah.

B.     Kompetensi Dasar
1.1  Mengidentifikasi sebab-sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke Thaif dan Habsyah.

C.      Indikator
1.1.1        Menyebutkan hal-hal yang melatarbelakangi hijrahya Nabi Muhammad SAW ke thoif dan habsyah.
1.1.2        Menceritakan kepada teman mengenai hal-hal yang melatarbelakangi hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah.
1.1.3        Merangkum hal-hal yang melatarbelakangi hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah.

D.      Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa mampu menyebutkan hal-hal yang melatarbelakangi hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah.
2.    Siswa mampu menceritakan kepada teman mengenai hal-hal yang melatarbelakangi hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah.
3.    Siswa mampu merangkum hal-hal yang melatarbelakangi hijrahnya Nabi Muhammad ke Thaif dan Habsyah.

E.       Materi Pembelajaran
Hijrah Nabi Muhammad ke Thaif dan Habsyah.

F.       Metode dan Strategi
·         Metode     : ceramah, active learning
·         Strategi     : search information, rebut kursi

G.      Sumber dan Media
Sumber     : Buku paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas 4
Media       : Gambar
Alat          :  kursi, botol bekas

H.  Kegiatan pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Strategi belajar
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk kelas dan mengucapkan salam.
·         Guru membimbing siswa untuk berdoa bersama.
·         Guru mengabsen  dan menanyakan kabar siswa.
·         Guru  melakukan apersepi untuk menggiring siswa agar terfokus pada materi yang akan di pelajari. (guru menunjukkan sebuah gambar orang yang menunggangi unta)
·         Guru menyampaikan konsep materi yang akan dipelajari.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Search information
5 menit
Inti
Eksplorasi
·         Guru menyampaikan desain pembelajaran yang akan dilakukan bersama.
·         Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 5 orang.
·         Guru memerintahkan masing-masing kelompok untuk membaca buku paket di halaman 41 sampai 42 dan halaman 50.
·         Guru menginstruksikan kepada masing-masing kelompok untuk membuat sebuah  pertanyaan yang dianggap paling sulit mengenai materi yang telah di baca pada kegiatan sebelumnya.
(Kemudian pertanyaan yang telah di tuliskan tadi, di masukkan dalam botol yang telah disediakan oleh guru).
·         Setelah kegiatan ke 3 dianggap cukup, guru memerintahkan masing-masing kelompok untuk memilih ketua kelompoknya masing-masing.
·         Setiap ketua kelompok diperintahkan untuk berdiri ditengah-tengah siswa sambil berpegangan tangan.
·         Siswa bernyanyi nama-nama malaikat Allah, sedangkan ketua kelompok yang ada di tengah-tengah siswa bergandengan tangan sambil berputar. (ketika guru mengucapkan stop, maka ketua kelompok harus berebut kursi untuk mendapatkan tempat duduk. Bagi ketua kelompok yang tidak mendapatkan tempat duduk, maka anggota kelompoknya akan mendapatkan punishmen. Yaitu harus mengambil salah satu botol dan kemudian menjawab pertanyaan yang ada didalam botol tersebut.
·         kegiatan ini dilakukan secara berulang-ulang hingga dirasa cukup oleh guru dan siswa di perintahkan untuk duduk ke tempat semula.

Elaborasi
·         Masing-masing siswa menuliskan rangkuman secara singkat tentang materi yang telah di pelajari.
·         Setiap siswa mengumpulkan tugasnya masing-masing.

Konfirmasi
·         Guru memberi penguatan materi.
·         Guru dan siswa menyimpulkan materi yang telah di pelajari bersama.
·         Guru mengevaluasi hasil belajar siswa melalui tugas yang telah di kumpulkan.

Search information

Rebut kursi
48 menit
Penutup
·         Guru memberikan pujian terhadap kegiatan yang telah dilakukan siswa.
·         Guru menutup proses pembelajaran dengan membaca doa bersama.
·         Guru mengahiri proses pemebelajaran dengan mengucapkan salam.

3 menit







I.     Penilaian
Format penilaian
No.
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
Menyebutkan hal-hal yang melatarbelakangi hijrahya Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah.

Tes
Tes Lisan
Sebutkan hal-hal yang melatarbelakangi hijrahya Nabi Muhammad SAW ke thoif dan habsyah secara bersama-sama!

2.
Menceritakan kepada teman mengenai hal-hal yang melatar belakangi hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah.

Tes
Tes Lisan
ceritakanlah tentang hal-hal yang mengenai hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah!
3.
Merangkum hal-hal yang melatarbelakangi hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke thaif dan habsyah.

Tes
Tes Tulis
Tulislah rangkuman hasil belajar kita tentang hijrahnya nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah.

Format penilaian indikator 1 dan 2 tes lisan
No
Nama Siswa/kelompok
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Kesesuaian dengan materi
Gaya bahasa
Susunan kalimat






















Format penilaian indikator 3 tes tulis
No.
Nama Siswa/kelompok
Aspek yang di nilai
Jumlah Skor
Nilai
Kesesuaian dengan materi
Kerapian tulisan
Susunan kalimat






















Keterangan Skor
4 = Sangat Baik
3 = Baik
2 = Cukup Baik
1 = Kurang Baik

Nilai
Skor yang diperoleh  x 100
Skor maksimal




Surabaya, 28 September 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                         Guru Mapel SKI


.............................                                                       Dewi Niswatul Fithriyah
NIP.                                                                            NIM. D07213007

1 komentar: