RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan :
MI Islamiyah
Kelas
/ semester : IV (empat) / II
Mata
Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam
Alokasi
waktu :
2x25 menit (1x pertemuan)
A. Standart Kompetensi
1.
Memahami hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1
Mengidentifikasi sebab-sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke
Thaif dan Habsyah.
C.
Indikator
1.1.1
Menyebutkan hal-hal yang melatarbelakangi
hijrahya Nabi Muhammad SAW ke thoif dan habsyah.
1.1.2
Menceritakan kepada teman mengenai hal-hal yang
melatarbelakangi hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah.
1.1.3
Merangkum hal-hal yang melatarbelakangi hijrahnya
Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa
mampu menyebutkan hal-hal yang
melatarbelakangi hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah.
2.
Siswa mampu menceritakan kepada teman mengenai
hal-hal yang melatarbelakangi hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah.
3.
Siswa mampu merangkum hal-hal yang
melatarbelakangi hijrahnya Nabi Muhammad ke Thaif dan Habsyah.
E.
Materi Pembelajaran
Hijrah
Nabi Muhammad ke Thaif dan Habsyah.
F.
Metode dan Strategi
·
Metode : ceramah, active learning
·
Strategi : search information, rebut
kursi
G.
Sumber dan Media
Sumber : Buku paket Sejarah Kebudayaan Islam kelas
4
Media : Gambar
Alat :
kursi, botol bekas
H.
Kegiatan pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Strategi
belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk kelas dan mengucapkan salam.
·
Guru membimbing siswa untuk berdoa bersama.
·
Guru mengabsen dan menanyakan
kabar siswa.
·
Guru melakukan apersepi untuk
menggiring siswa agar terfokus pada materi yang akan di pelajari. (guru menunjukkan
sebuah gambar orang yang
menunggangi unta)
·
Guru menyampaikan konsep materi yang akan dipelajari.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
Search information
|
5 menit
|
Inti
|
Eksplorasi
·
Guru menyampaikan desain pembelajaran yang akan
dilakukan bersama.
·
Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok
kecil yang beranggotakan 5 orang.
·
Guru memerintahkan masing-masing kelompok untuk membaca buku paket di halaman
41 sampai 42 dan halaman 50.
·
Guru menginstruksikan kepada masing-masing kelompok untuk membuat sebuah pertanyaan yang dianggap paling sulit
mengenai materi yang telah di baca pada kegiatan sebelumnya.
(Kemudian pertanyaan yang telah di tuliskan tadi, di masukkan dalam botol
yang telah disediakan oleh guru).
·
Setelah kegiatan ke 3 dianggap cukup, guru memerintahkan masing-masing
kelompok untuk memilih ketua kelompoknya masing-masing.
·
Setiap ketua kelompok diperintahkan untuk berdiri ditengah-tengah siswa
sambil berpegangan tangan.
·
Siswa bernyanyi nama-nama malaikat Allah, sedangkan ketua kelompok yang
ada di tengah-tengah siswa bergandengan tangan sambil berputar. (ketika guru
mengucapkan stop, maka ketua kelompok harus berebut kursi untuk mendapatkan
tempat duduk. Bagi ketua kelompok yang tidak mendapatkan tempat duduk, maka
anggota kelompoknya akan mendapatkan punishmen. Yaitu harus mengambil salah
satu botol dan kemudian menjawab pertanyaan yang ada didalam botol tersebut.
·
kegiatan ini dilakukan secara berulang-ulang
hingga dirasa cukup oleh guru dan siswa di perintahkan untuk duduk ke tempat
semula.
Elaborasi
·
Masing-masing
siswa menuliskan rangkuman secara singkat tentang materi yang telah di
pelajari.
·
Setiap
siswa mengumpulkan
tugasnya masing-masing.
Konfirmasi
·
Guru memberi penguatan materi.
·
Guru dan siswa menyimpulkan materi yang telah di pelajari bersama.
·
Guru mengevaluasi hasil belajar siswa melalui tugas yang telah di
kumpulkan.
|
Search information
Rebut kursi
|
48 menit
|
Penutup
|
·
Guru memberikan pujian terhadap kegiatan yang telah dilakukan siswa.
·
Guru menutup proses pembelajaran dengan membaca doa bersama.
·
Guru mengahiri proses pemebelajaran dengan mengucapkan salam.
|
|
3 menit
|
I.
Penilaian
Format penilaian
No.
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1.
|
Menyebutkan hal-hal yang melatarbelakangi hijrahya Nabi Muhammad SAW ke
Thaif dan Habsyah.
|
Tes
|
Tes Lisan
|
Sebutkan hal-hal yang melatarbelakangi hijrahya Nabi Muhammad SAW ke
thoif dan habsyah secara bersama-sama!
|
2.
|
Menceritakan kepada teman
mengenai hal-hal yang melatar belakangi hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Thaif
dan Habsyah.
|
Tes
|
Tes Lisan
|
ceritakanlah
tentang hal-hal yang mengenai
hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah!
|
3.
|
Merangkum hal-hal yang
melatarbelakangi hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke thaif dan habsyah.
|
Tes
|
Tes Tulis
|
Tulislah rangkuman hasil belajar kita tentang hijrahnya
nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah.
|
Format penilaian indikator 1 dan 2 tes lisan
No
|
Nama Siswa/kelompok
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Kesesuaian dengan materi
|
Gaya bahasa
|
Susunan kalimat
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Format penilaian indikator 3
tes tulis
No.
|
Nama Siswa/kelompok
|
Aspek yang di nilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Kesesuaian dengan materi
|
Kerapian tulisan
|
Susunan kalimat
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor
4 = Sangat Baik
3 = Baik
2 = Cukup Baik
1 = Kurang Baik
Nilai
Skor yang diperoleh x 100
Skor maksimal
Surabaya, 28 September 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel SKI
............................. Dewi
Niswatul Fithriyah
NIP. NIM.
D07213007
ijin copy mbak..suwun
BalasHapus